Thursday, 6 October 2016

Filled Under:

Islam Tidak Bisa Tegak Tanpa Berjamaah

agama islam
Bandar Lampung, 1 Muharram 1438/2 Oktober 2016 (MINA) – Urusan Al-Jama’ah mendahului urusan ibadah, sebab Islam tidak dapat ditegakkan tanpa berjama’ah.

Hal ini dikatakan Amir Majelis Kutab Pusat Jama’ah Muslimin (Hizbullah), Agus Sudarmaji dihadapan ribuan Jama’ah Tabligh Akbar Jama’ah Muslimin (Hizbullah) Wilayah Lampung di Masjid At-Taqwa Kompleks Pondok Pesantren Shuffah Hizbullah dan Madrasah Al-Fatah, Muhajirun Negararatu Natar, Lampung Selatan, Ahad (2/10).

Menurutnya, pemaknaan Al-Jama’ah mendahului urusan ibadah terkait syariat atau ibadah tidak bisa dilaksanakan tanpa berjamaah, tanpa adanya pemimpin.

“Islam tidak bisa kita pegang sendiri-sendiri melainkan berjama’ah dan Allah tidak ridha kepada hamba-Nya yang menjalani Islam sendiri-sendiri. Islam tidak bisa ditegakan tanpa berjamaah,” ujar Ketua Umum Aqsa Working Group (AWG) itu.

Agus mencontohkan, bagaimana pengamalan jama’ah diperlukan untuk menerapkan syariat Islam dalam kehidupan sehari-hari.

“Salah satu contohnya yakni penentuan awal Ramadhan dan awal Syawal, ini hak Imaam untuk menentukannya,” katanya.

Lebih lanjut Agus menegaskan muslim sejati itu berjama’ah sebagaimana diamalkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam dan Khulafaur Rasyidin Al-Mahdiyyin.
“Jama’ah  adalah konsep mulia, seimbang, inti dari Islam dan apa yang pernah dibawa oleh orang terdahulu, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam dan khulafaur Rasyidin, sejatinya muslim hidupnya berjamaah,” katanya.

Tidak ada Islam kecuali berjamaah, maka seharusnyalah seruan berjamaah ini disambut oleh seluruh umat Islam.

“Orang-orang beriman yang diseru oleh Allah dalam kitab suci Al-Qur’an yakni bertaqwalah dengan sebenar-benar taqwa dan janganlah mati kecuali dalam keadaan muslim, serta berpegang teguh dengan tali Allah seraya berjamaah, dan tidak ada jawaban lain kecuali kami dengar dan kami taat,” ujarnya.

Ia juga mengajak seluruh umat Islam agar menjalankan tugasnya, yaitu membersihkan Islam dari fitnah, pencemaran dan penodaan oleh orang-orang kafir dengan cara berjamaah. (L/sfh/K08/P4).

BANG EL

Author & Editor

Seorang jomblo fisabilillah(23 y.o), sengaja gak pacaran karena kata pak Uztad pacaran itu haram. Jika ada pertanyaan atau order blog/website desain dll. yang belum bisa saya jawab silahkan kontak saya di 082137433799(whatsapp).

0 comments:

Post a Comment

 

We are featured contributor on entrepreneurship for many trusted business sites:

  • Copyright © Elba Regetta™ is a registered trademark.
    Designed by Templateism. Hosted on Blogger Templates.